Bayar Sesuai Tagihan

Nabung Dapat Income

Sabtu, 27 Juni 2009

Jangan Takut Memulai

Sobat, untuk mengawali catatan kecil ini saya mencoba menambahkan apa yang di katakan Mas Ardy Pratama dalam comment posting kemarin yaitu : “dan yang paling penting JANGAN TAKUT UNTUK MEMULAI”. Benar sekali itu merupakan point penting kita untuk melangkah, dan saya tidak memasukkan ke dalam etos karena yang saya bahas adalah penyemangat, motivasi ketika sudah menemukan ide atau topik dan belum menemukan cara aplikasinya. Dan sekarang kelanjutannya setelah mendapatkan etos tersebut lalu mau di apakan dan kearah mana kaki ini melangkah.

Baik hanya ada satu pilihan dalam hidup kita…

Ya dalam kehidupan ini hanya ada satu pilihan mau baik atau jahat, sukses atau gagal , pemenag atau pecundang. Anda pilih yang mana ? Jelas Anda akan memilih yang pertama. Siapa yang tidak ingin sukses dan menjadi pemenang. Dunia bisnis memang dunia yang penuh dengan persaingan (yang sehat tentunya), stategi dan eksistensinya di dunia bisnis. Pada intinya tetap fokus dan jangan berhenti untuk terus tumbuh.

Sobat, ketika kita akan menentukan suatu pilihan dalam benak kita selalu saja timbul kekhawatiran. Apakah kita bisa menjalaninya? Bagaimana memulainya?dan banyak pertanyaan yang muncul dalam benak kita. Sehingga membuat kita ragu dalam mengambil sebuah keputusan. Dan di dunia ini memang selalu ada pilihan tergantung kita pada posisi yang mana ? yang beruntung atau buntung…

Sobat, apakah Anda sudah menentukan pilihan dalam hidup ini. Bagaimana dengan pilihan hidup Anda saat ini. Terkadang pada saat kita di haruskan menentukan pilihan kita bingung bagaimana melangkahnya sampai-sampai tidur pun tidak nyenyak, makan pun tidak enak. Serba yang susah-susah pokoknya.

Sobat, saya ada beberapa langkah siapa tahu bisa membantu sobat untuk menentukan pilihan dalam dunia kehidupan maupun berbisnis, yaitu:
  1. Hilangkan keragu-raguan, ini sangat perlu di lakukan agar kita terhindar dari penyakit menyesal. Seperti coba dari dulu saya lakukan pasti tidak seperti ini, kenapa dulu saya menolak, dan sebagainya. Dan ragu merupakan sifat yang setengah-setengah dan sangat di senangi oleh syetan. Jadi jangan setengah-setengah dalam melangkah.
  2. Bangun keyakinan dalam hati Anda, karena dengan membangun keyakinan dalam hati berarti tindakan kita selanjutnya selalu diambil dari hati yang paling dalam. Bukan ego kita yang kita tonjolkan tapi sifat budi pekerti, moral,dan sebagainya. Keyakinan yang perlu dibangun dalam menentukan pilihan adalah keyakinan yang berdasar fakta dan sedikit riset sesuai pilihan keinginan Anda. Jadi jangan sampai pilihan itu muncul karena kesenangannya aja atau cocok, atau malah tidak ada pilihan lain. Ini berbahaya, karena keyakinan Anda modal untuk menghadapi ujian di depan.
  3. Dukungan keluarga, penting Anda lakukan. Dan dengarkan pendapat mereka tentang pilihan Anda, dalam pendapat itu pasti ada yang mendukung dan ada yang tidak. Makanya keyakinan yang tadi Anda dapat sebagai modal untuk menjelaskan kepada yang tidak mendukung dan yakinkan mereka seperti keyakinan Anda pada pilihan tersebut. Pada dasarnya mereka cinta dan sayang pada Anda, jangan takut untuk mengungkapkan apa yang ada dalam benak Anda.
  4. Memohon Petunjuk, segala sesuatu yang kita tidak bisa memutuskan, kita serahkan semuanya kepada Allah SWT. Dengan apa ? dengan do’a yang kita panjatkan dan kalau memang mendesak sekali lakukan shalat istikharah. Karena dengan memohon petunjukNya akan mengingatkan kita betapa kecintaan kita padaNya dan tentunya kecintaan Allah SWT kepada hamba-hambanya yang sholeh.
  5. Menyiapkan bekal, artinya setelah mempunyai sebuah keputusan yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bekal baik ilmu, materi, dan mental. Ilmu yang nantinya akan kita gunakan untuk menjalankan roda bisnis, dan juga sebagai modal awal bisnis Anda. Ilmu bisa kita dapat dari belajar dan riset yang kita lakukan. Setelah ilmu kita cukup, modal materilah yang berbicara selanjutnya, kenapa?. Karena modal ini lah yang menjadi tulangpunggung roda bisnis kita. Dan tak kalah pentingnya bekal mental, dunia bisnis penuh dengan persaingan dan strategi. Hanya orang-orang yang bermental baja sanggup bertahan.
  6. Melihat sekitar kita, hal ini perlu kita lakukan agar kita bisa menyusun langkah-langkah strategi bisnis kita. Melihat sekitar kita bukan hanya sekedar mangamati keadaan sekeliling kita atau mengintip-ngintip trik dan metode mereka.Tapi bagaimana kondisi bisnis di sekitar kita, dan cari yang menjadi keunggulan mereka dan kelemahannya juga. Seberapa peluang usaha dan kekuatan kita dapat menyaingi mereka. Dan posisi tawar produk kita untuk menjadi pilihan oleh pelanggan, dan potensi market terhadap produk kita bagaimana?.
  7. Saatnya untuk memulai, inilah langkah terakhir kita dalam menentukan pilihan. Memulailah dari hal-hal yang kecil, karena potensi yang kita miliki masih terbatas. Dan kita juga belum paham dengan kondisi real di lapangan. Walaupun kita telah melakukan langkah di atas sebelumnya, tapi hal itu kan sekedar mengamati. Kadang teori tidak benar-benar 100 % setelah di praktekan. Dan bisa jadi pada saat kita memulai menemukan hal-hal baru yang bisa dijadikan bekal untuk langkah ke depan yang lebih baik.
Sobat, rizki manusia sudah ada yang mengatur tinggal kita usaha memperolehnya bagaimana. Seperti seekor burung elang terbang setiap hari entah kemana tanpa arah dan tujuan, karena dia yakin dengan terbanglah dia akan memperoleh rizki entah di mana dia mendapatkannya. Yang jelas terbang dulu masalah rizki hanya Tuhan yang menentukan, jadi sekarang ada yang siap terbang bersama saya.

Demikian sobat, hidup adalah sebuah pilihan dan jangan takut untuk memulai langkah-langkah dalam menentukan pilihan baik dalam dunia kehidupan maupun bisnis. Dan semua itu sudah saya lakukan, seperti pada saat menikah, keluar dari status karyawan swasta, dan terjun di bisnis offline, sekarang memulai dunia baru bagi saya yaitu dunia online ini…

Jadi bagaimana dengan langkah-langkah Anda ?

Tidak ada komentar: