Bayar Sesuai Tagihan

Nabung Dapat Income

Minggu, 22 Maret 2009

SERVICE EXCELLENCE

PENTINGNYA “ SERVICE EXCELLENCE “

Berikut beberapa hal yang perlu diterapkan dalam exellence service :

1. Berpikir positif bahwa pelanggan adalah bagian penting dari kemajuan bisnis Anda.

2. Janji tepat waktu (realisasikan janji berdasarkan deadline dan poin kesepakatan,dengan asumsi: lebih baik namun kualitas tetap terjamin).

3. Tindak lanjut segera, tanpa menunda (keluhan dan harapan pelanggan segera diwujudkan tanpa menunda waktu dan jadikan sebagai prioritas).

4. Informasi jangan berbeda-beda, tetapi spesifikasi dan tepat sasaran.Pemahaman dan penguasaan masalah harus ditunjang data aktual dan akuntabilitas agar informasi tidak bias.

5. Memberikan solusi dengan alternatif terbaik. Sodorkan beberapa pilihan secara terbuka dan jujur serta arahkan kepada kebutuhan sebenarnya.

6. Gunakan bahasa smart (komunikasi efektif) artinya berbicara, mendengar dan merespon dengan sopan dan ramah.Berikan kesan bahwa perusahaan Anda profesional dan layak dipercaya.

7. Antusias dan menghargai pelanggan. Arahkan mereka membuat keputusan tanpa paksa.

8. Perhatikan penampilan (cara berpakaian) dan bahasa tubuh sehingga memberikan indikasi bahwa Anda layak memikul tanggung jawab serta menghormati pelanggan Anda.

9. Tunjukan sikap empati, tanggap dan mudah dihubungi ketika dibutuhkan.

10.Kembangkan daya kreatifitas dan imajinasi serta ciptakan mutu pelayanan dengan cara-cara spesial dan berdampak ( memberi kesan mendalam).

Barangkali diperusahaan Anda, jumlah karyawan yang melayani pelanggan dengan sungguh
sungguh tidak banyak. Upaya menstimulir karakter melayani tetap perlu dilakukan terus menerus, melalui komitmen bersama antara pimpinan perusahaan dan ditopang oleh seluruh karyawan.

Oleh karena itu,jika ingin pelanggan puas,(tidak kecewa), sebaiknya kelola dan kendalikan layanan usaha Anda menjadi layanan yang berorientasi pada Exellence Service.

Tidak ada komentar: